Thursday 31 March 2016

Menara Kudus, "Landmark" nya Kabupaten Kudus sekaligus Saksi sejarah berdirinya Kabupaten Kudus

Kabupaten Kudus identik sekali dengan "Landmark"nya berupa Masjid menara Kudus. Yang merupakan makam sunan kudus yang sering dikunjungi oleh para peziarah dari seluruh penjuru tanah air. apakah ada yang pernah kesana?, jika belum mari kita simak lebih mendalam tentang Masjid menara Kudus, disimak ya bra - bro😂

Pengenalan

Masjid menara Kudus adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Kudus, di sana kita dapat melihat melekatnya keterkaitan antara agama hindu, buddha dan islam di bangunan tersebut. Masjid menara Kudus terletak di Jalan raya Sunan Kudus,Kecamatan Kota , Kabupaten Kudus. Dan Masjid ini tidak jauh dari Simpang 7 yang berjarak kurang lebih 1,5 Km.

Lokasi Masjid Menara Kudus
Di sana juga ada Makam Sunan Kudus yang terletak di belakang Menara Kudus. di sekitar sana juga terdapat pusat jualan oleh - oleh berupa sarung, kaligrafi, jenang, dan lain - lain. Apa itu Jenang?, Jenang  adalah dodol nya orang kudus, dodol nya khas kudus mempunyai ciri khas berupa potongan - potongan kecil biasanya di bungkus dalam dus tetapi, disana dijual eceran per gram (ane lupa harganya😂)


Sejarah Menara Kudus





Majid Menara Kudus perftama kali dibangun pada tahun 1549 M, menggunakan batu baitul maqdis dari Palestina sebagai peletakan batu pertama. sejarah berdirinya Masjid Menara Kudus tidak lepas dari peran Sunan Kudus yang menyebarkan agama dengan bijaksana walau mayoritas penduduk Kabupaten Kudus pada zaman dahulu beragama hindu - buddha. Percampuran antara agama Hindu, Buddha tersebut dapat kita lihat di masjid menara kudus ini.

Taman Menara Kudus

Taman Menara Kudus terletak di sekitar Masjid Menara Kudus. Taman Menara Kudus termasuk baru karena dibangun pada tahun 2015, sebelumnya Taman Menara Kudus adalah pangkalan ojek, becak, angkot serta tempat parkir para peziarah. Kemudian ditata oleh pemerintah Kabupaten Kudus sehingga tertata rapi , walaupun saat pembangunan taman tersebut mendapatkan aksi penolakan dari para tukang ojek yang mencari penghasilan di sana. Di sana para peziarah dapat menikmati suasana kabupaten Kudus dengan bersantai di Taman Menara Kudus

Sekian dari postingan ane kalau mampir ke menara Kudus jangan lupa juga membeli Jenang di sana karena rasanya enak dan tentu saja halal😂, ane tunggu kedatangan mu yeaa.

Menerima kritik dan saran^^

No comments:

Post a Comment